KEINDAHAN YANG TERSEMBUNYI DI BALIK PULAU MADURA






pernahkah terbesit difikiran kalian, kalau madura memiliki tempat wisata yang unik dan cukup menarik untuk dikunjungi. dibenak kita pasti sulit membayangkan jika bekas tambang kapur bisa menjadi destinasi wisata yang layak untuk datangi. kalau bicara madura, kini tak hanya identik dengan rongsokan besi tua, jembatan suramadu dan bebek sinjai nya saja. belakangan ini madura memilki primadona baru yang cukup menjadi perbincangan terutama dikalangan anak muda yang hobi travelling. buat kalian yang sedang berkunjung ke daerah Bangkalan Madura, sayang rasanya jika tidak mengunjungi tempat satu ini. Bukit Kapur Jaddih namanya, lokasi yang sebelumnya dijadikan sebagai tempat penambangan ini sekarang menjadi salah satu obyek wisata baru yang cukup ramai dikujungi wisatawan. karena ditempat ini menyajikan pesona keindahan dan keunikan yang mampu menyegarkan mata.
kawasan yang terletak di Kecamatan Socah, Desa Jaddih Kabupaten Bangkalan Madura-Jawa Timur ini berjarak 10 kilometer dari pusat kota kabupaten Bangkalan.tempat ini mampu mencuri perhatian para wisatawan yang haus dengan destinasi-destinasi baru di dalam negeri. lokasi yang mirip dengan tebing breksi yang ada di Kota Jogjakarta ini memang patut kalian datangi. karena disini kalian akan melihat bongkahan bahkan guratan-guratan  kapur putih yang berukuran raksasa. tebing-tebing kapur ditempat ini tidak terbentuk secara alami, melainkan akibat pahatan para penambang kapur yang mengais rejeki ditempat ini selama bertahun-tahun sehingga membentuk sebuah tebing bahkan bukit yang sangat eksotis dan artistik. kawasan yang cukup luas ini dihiasi dengan pemandangan yang masih alami karena terdiri dari bukit-bukit nan hijau dan memang cocok untuk kalian telusuri keindahannya. terbukti banyaknya orang yang berfoto dan diunggah di sosial media saat ini, sehingga salah satu tempat wisata madura ini menjadi populer dan banyak membuat orang penasaran.
pemandian-alami-di-bukit-jaddih-madura
bukit-jaddih-di-madura-1




jika berkunjung ke Bukit Jaddih, kalian dapat melihat keindahan pulau madura secara keseluruhan dari puncak bukit. selain itu hal yang dapat dilakukan di area ini adalah kamu bisa bersantai sejenak dengan menikmati hamparan bukit hijau yang luas. disini kita bisa sejenak melepaskan segala rutinitas bersama kawan atau orang terkasih. tak sampai disitu keindahan yang ditawarkan di tempat ini, karena masih ada beberapa kawasan yang berada di bukit jaddih yang bisa dinikmati. diantaranya seperti sisi utara bukit jaddih terdapat sebuah pemandian alami yang berada di tengah-tengah bukit kapur. masyarakat sekitar biasa menyebutnya dengan ” Aeng Goweh Pote” dalam bahasa madura, yang berarti Air Gua Putih. awal mulanya pemandian atau yang lebih pas disebut kolam renang ini merupakan bekas lubang galian tambang kapur yang kemudian memancarkan mata air secara alami. sehingga pemerintah daerah setempat pada akhirnya merenovasi tempat ini dan menjadikannya sebuah kolam renang dengan luas yang cukup besar, dan diresmikan pada tahun 2014 lalu. sungguh ibarat oase ditengah padang gurun. buat yang ingin menikmati sensasi berenang ditengah bukit kapur ini, kamu cukup membayar Rp 10.000 dengan itu kamu bebas merasakan kesegaran mata air ditempat ini.
namun dibalik keindahan yang disajikan dikawasan ini, kita dituntut untuk lebih berhati-hati jika mengunjungi daerah ini.  karena kawasan bukit kapur jaddih masih dijadikan lokasi penambangan aktif hingga sekarang. sehingga kemungkinan terjadinya longsor sangat besar dan tak hanya itu dikawasan tebing terdapat banyak alat-alat berat bahkan kendaraan besar yang berlalu-lalang yang dipakai untuk mengangkut material kapur. jadi buat kalian yang berwisata kesini harus tetap berhati-hati dan tetap selalu waspada. waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah pagi hari dan sore hari. tapi kalau nekat datang di siang hari, sebaiknya kalian membawa peralatan pelindung kepala atau mata seperti kacamata dan topi, karena bukit jaddih begitu terik dan panas di siang hari.
jika menggunakan motor,rute yang bisa kalian lewati yakni dari jembatan suramadu dan mengambil jalur alternatif melalui jalan raya Labang.kalau menggunakan mobil, kalian harus memutar arah dahulu melewati bangkalan kota hingga menemukan pertigaan desa Jaddih, kemudian mengambil arah kanan dan tidak jauh dari pertigaan kalian bisa menemukan lokasi bukit jaddih yang saat ini Banyak Menyita Perhatian Wisatawan.



]



Tags : , , ,