Mobil Orenz (Praktek Industri BAB I)



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Universitas Negeri Surabaya merupakan salah satu lembaga pendidikan yang melahirkan lulusan-lulusan muda yang berpola pikir akademik, bertindak profesional dan berakhlak mulia. Selain itu juga berupaya melaksanakan program-program pendidikan yang bertujuan menghasilkan lulusan-lulusan yang tidak saja memahami ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi juga mampu mempraktikkan serta mengembangkannya baik di dunia pendidikan maupun di dunia industri.
Berkaitan dengan hal itu, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya selaku lembaga pendidikan tinggi, memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk melakukan pengamatan dan membandingkan secara langsung tentang aplikasi ilmu teori yang sudah didapat dibangku kuliah dengan kondisi lapangan melalui program praktek industri (PI).
Dengan praktek industri ini, mahasiswa dituntut untuk belajar melihat dan melakukan secara langsung pekerjaan yang ada di lapangan sehingga dapat mengaplikasikan teori yang sudah diperoleh selama kuliah. Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk memiliki ilmu pengetahuan yang luas, namun juga harus memiliki keterampilan dan kemampuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya tersebut. Selain itu dengan praktek industri ini mahasiswa dapat menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang dunia kerja sekaligus mendapatkan pengalaman kerja secara nyata di perusahaan atau instansi dan bekerja sama dengan orang lain dengan disiplin ilmu yang berbeda-beda.
Pemahaman tentang penerapan dengan segala permasalahan di dunia industri khususnya bidang otomotif sangat diharapkan, guna menunjang pengetahuan teoritis yang didapat selama masa kuliah, sehingga mahasiswa benar-benar siap dalam menghadapi tuntutan jaman dan diharapkan dapat memiliki sumber daya manusia yang memadai demi terwujudnya masyarakat Indonesia yang cakap berwawasan tinggi dan berbudi pekerti yang baik.

B.       Tujuan Praktik Industri
Kegiatan Praktik Industri (PI) yang telah dilakukan bertujuan untuk mempersiapkan tenaga professional teknik mesin konsentrasi otomotif yang memiliki kualifikasi, kompetensi dan kewenangan utama seperti yang ada pada tujuan intruksional Universitas Negeri Surabaya.
Adapun tujuan dalam pelaksanaan  Praktik Industri adalah sebagai berikut:
1.    Untuk mengaplikasikan teori yang telah didapat pada waktu kuliah dan dipraktikkan langsung di lapangan atau dunia industri.
2.    Melatih mahasiswa dalam beradaptasi dengan lingkungan dunia kerja melalui keikutsertaan dalam disiplin kerja dan memenuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan/instansi.
3.    Memperoleh pengalaman dalam bidang manajemen dan struktur organisasi dari perusahaan.
4.    Meningkatkan dan memperluas pengetahuan tentang teknologi baru khususnya dalam bidang otomotif yang nantinya dapat menjadi umpan balik guna perbaikan dan perkembangan ilmu kejuruan.
5.    Mengenal dan mempelajari peralatan dan teknologi yang digunakan didalam proses pengerjaan service serta mempelajari prosedur servis berkala sesuai standart yang dilakukan di PT SERASI TRANSPORTASI NUSANTARA.
6.    Mampu melihat peluang kerja sesuai dengan bidang yang ditekuni saat ini.
7.    Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Program Studi S1 pendidikan Teknik Mesin Konsentrasi Teknik Mesin Otomotif.
C.      Manfaat Praktik Industri
Adapun manfaat dari kegiatan praktik industri (PI) itu sendiri antara lain :
1.    Bagi Mahasiswa
a.    Memperoleh pengalaman belajar dan bekerja sesuai dengan kondisi dan situasi  pekerjaan nyata di industri.
b.    Memperoleh informasi tentang kemajuan ilmu dan teknologi dari dunia industri khususnya dalam bidang otomotif.
c.    Dapat mengetahui dan memahami cara kerja dan peralatan yang digunakan dalam pelaksanaan langkah-langkah Servis mobil
d.   Mahasiswa dapat lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam bekerja.
e.    Terpenuhinya program praktik industri (PI) yang merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya.
2.  Bagi Perusahaan
a.    Terjalin hubungan kerja sama yang baik antara perusahaan dengan lembaga.
b.    Bertambahnya jumlah tenaga kerja/karyawan tanpa mengurangi anggaran pengeluaran bulanan perusahaan.
c.    Dengan bertambahnya karyawan maka pekerjaan akan terselesaikan dengan cepat.
d.   Dapat menunjang program pemerintah untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi.



3.    Bagi Jurusan
a.    Terjalin hubungan yang baik antara Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya dengan perusahaan dalam hal Praktik Industri (PI).
b.    Mitra kerja Jurusan PendidikanTeknik Mesin akan bertambah.
c.    Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja sesuai dengan kebutuhan.
d.   Bertambahnya referensi laporan Praktik Industri (PI) yang ada di perpustakaan Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.


Tags :